blog.

Saya Kembali

Saya Kembali
Saya Kembali

Cukup lama rasanya saya tidak menyentuh blog yang baru beberapa bulan saya rintis ini. Kasihan juga saya melihatnya, tak dijamah, tak dilirik barang sedetik. Bukan tidak beralasan, nyaris tiga bulan terakhir ini saya dikeroyoki tugas-tugas kuliah yang membuat otak saya lebam memar-memar. Sebagai curhatan saja, saya kuliah di Politeknik Negeri Bandung dengan konsentrasi Teknik Telekomunikasi Nirkabel. Tugas-tugas yang saya hadapi pun buka tugas yang biasa-biasa saja: laporan kerja praktik & tugas akhir! Ya, saya seorang mahasiswa semester akhir—sujud syukur.

Sebagai informasi tambahan—siapa tahu menjadi inspirasi teman-teman lain yang berkecipak-kecipuk dalam dunia pertelekomunikasian—laporan kerja praktik saya berjudul “Arsitektur dan Tahapan Commissioning Siemens BTS-Plus”. Sementara untuk seminarnya saya mengambil topik umum: “Arsitektur Jaringan GSM”.

Sedangkan untuk tugas akhir, untuk penentuan judulnya saya merupakan salah satu yang paling telat. Sudah tiga kali mengajukan judul, tiga kali membuat proposal, tiga kali pula saya ditolak. Namun Alhamdulillah, satu hari sebelum tenggat pengajuan proposal berakhir, teman saya Ikrar memberikan sebuah pencerahan. Judul baru dan proposal barupun diajukan kembali pada saat-saat terakhir. Dan setelah kembali direvisi, proposal tugas akhir saya yang kini berjudul “Tool Perancangan dan Simulasi Link Radio Microwave”, akhirnya disetujui—sujud syukur kembali.

Namun rupanya serangan tugas akhir belum jua mereda. Lunas judul dan proposal tugas akhir, saya yang paling buncit mengajukan topik, tidak kebagian jatah dosen pembimbing. Beruntung, atas belas kasihan panitia tugas akhir, dalam waktu seminggu akhirnya saya memiliki dosen pembimbing. Bahkan dua dosen sekaligus—sujud syukur kembali.

Masih banyak hutang cerita perjalanan yang belum saya lunasi. Kala senggang akan saya tulis dan tebar satu per-satu di blog ini. Termasuk perjalanan akhir tahun saya bersama dengan dua belas petualang super menjelajahi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hingga ke Pusat Konservasi Pulau Sempu di Jawa Timur.

Salam avonturir!

Foto cover dari Unsplash oleh Ben White.